Monday, November 14, 2011

0 keistimewaan planet-planet di tata surya

Mungkin tidak kita sadari keistimewaan atau keunikan planet yang ada di jagat raya ini. Mungkin mudah kalau disuruh menyebutkan keistimewaan atau keunikan planet bumi, tapi apakah anda bisa menyebutkan keistimewaan planet yang lain selain planet Bumi yang ada di jagat raya ini. Nah.. ini saya akan coba berbagi kepada anda tentang beberapa keistimewaan planet-planet yang ada di jagat raya kita ini.
Keunikan Planet
Tampak keunikan dari beberapa planet. Ilmuwan mempelajari sesuatu yang baru tentang Uranus sejak penyelidikan ruang angkasa Voyagerr 2 mendekati planet tersebut pada permulaan tahun 1986. Voyager 2 berhasil mencapai Neptunus dan Pluto pada tahun 1989, dan mengungkapkan banyak rahasia dari sistem tata surya kita.
Dibawah ini adalah Keistimewaan Khusus Planet yang ada di jagat raya,
Planet Merkurius : Atmosfer sangat tipis sehingga dapat dianggap non eksistensi.
Planet Venus : Di sini matahari terbit dari barat dan tenggelam di timur. Awan terbentuk dari asam belerang dan hujan dari banyak cairan korosif dalam tata surya. Atmosfer sangat tebal sehingga hanya 20% sinar matahari yang dapat mencapai permukaan Venus.
Planet Bumi : Satu-satunya planet yang mendukung kehidupan.
Planet Mars : Tanah merah (diwarnai oleh karat) membuat Mars khas berwarna merah. Pegunungan tertinggi dalam tata surya yaitu Olympus Mons ada di planet Mars, tingginya kira-kira tiga kali mount Everest.
Planet Jupiter : Yang paling istimewa adalah bintik merah besar atau disebut juga Great Red Spot, ini adalah topan seperti badai yang dapat melanda daerah yang panjangnya 40.000 km dan lebarnya 4000 km.
Planet Saturnus : Berat jenisnya sangat rendah sehingga memungkinkan planet mengapung di dalam air. Mempunyai lebih dari 1000 cincin yang terpisah. Cincin tersebut dibagi menjadi ikal kecil yang tipis. Partikel membentuk cincin terbuat dari debu dan es. Garis tengah bagian luar cincin lebih dari 500.000 km.
Planet Uranus dan Neptunus : Planet tersebut kelihatan berwarna hijau karena atmosfernya campuran dari hidrogen, helium, dan metana. Uranus mempunyai paling sedikit 10 cincin sebagian besar terbuat dari pecahan yang lembut. Satu cincin membentuk irisan v. Lebar bagian terluar dan cincin terbesar 100 km dan garis tengahnya lebih dari 100.000 km. Cincin Planet : Ini terbentuk dari berjuta partikel kecil yang mengorbit planet. Partikel ini ketebalannya jarang lebih dari 150 m tetapi lebarnya bermil-mil. Jadi cincin jauh hanya mengelilingi 3 planet : Jupiter, Saturnus, dan Uranus. Jupiter mempunyai sebuah cincin yang membagi daerah luar yang terang dan daerah dalam yang redup. Partikel-partikel membentuk cincin hanya seperjuta dalam satu kilometer jarak lintas. garis tengah cincin pada bagian terjauh hampir 260.000 km.
Demikianlah yang saya tahu tentang keistimewaan beberapa planet di jagat raya ini. Semoga bermanfaat…????

http://hermawanputra.wordpress.com/2009/09/27/apa-keistimewaan-khusus-planet/

Artikel Terkait



0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?